Selasa, 04 November 2014

Team work

Didalam setiap organisasi atau perusahaan sangatlah penting adanya team work. Karena dengan adanya team work maka segala apa yang ditargetkan bisa terwujud. Pengertian dari team work itu sendiri adalah suatu bentuk kerja secara berkelompok dengan keahlian yang berbeda yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk kepentingan bersama.

Team work bukan sekedar kerjasama dengan tim, tapi bagaimana tim bisa bekerjasama dengan baik dan demi kepentingan bersama, bukan pribadi. Perusahaan hanya bisa berkembang jika orang-orang didalamnya memiliki keinginan untuk membesarkan perusahaan dan menyisihkan kepentingan pribadi.

Berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara membangun team work di tempat kerja :

1.Tujuan yang jelas
Yang harus dilakukan pertama kali adalah menciptakan tujuan tim yang jelas. Tentukan tujuan dan harapan dalam tim secara spesifik.
2. Bangun kepercayaan
Buat mereka berani bicara untuk mengutarakan ide dan pendapatnya. Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan.
3. Buat kegiatan untuk mendekatkan anggota tim
Tak ada salahnya sesekali melakukan kegiatan yang bisa mendekatkan anggota tim. Contoh sederhananya yaitu melakukan makan siang atau makan malam bersama tim secara rutin. Dengan bertemu di luar lingkungan kerja, sesama anggota tim bisa saling mengenal secara personal.
4. Ciptakan sistem penghargaan
Berikan reward (penghargaan) kepada anggota tim yang berhasil menonjol, bisa berupa insentif atau lainnya. Dengan memberikan penghargaan maka anggota tim akan merasa hasil kerja mereka dihargai. Ciptakan kompetisi yang sehat dalam tim, namun tetap fokus dengan tujuan bersama.
5. Kompetensi dalam anggota tim
Team work bisa berhasil jika masing-masing anggota melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka. Selalu komunikasikan mengenai tugas, kendala saat mengerjakan tugas, dan apakah mereka mampu mengerjakan. 
6. lakukan pemeriksaan secara rutin
Secara rutin lakukan pengukuran dan pemeriksaan hasil kerja setiap anggota tim. Pemeriksaan ini untuk bisa mengetahui perkembangan pekerjaan, kesulitan yang dialami, atau bisa saja ada perubahan yang perlu dilakukan di tengah jalan untuk bisa mencapai tujuan.

Team work merupakan solusi terbaik untuk mencapai suatu kesuksesan. Fungsi dari tim yaitu dapat merubah sikap, perilaku, dan nilai pribadi serta dapat turut serta dalam mendisiplinkan anggota tim. Sedangkat manfaat bekerja dalam tim yaitu untuk pengambilan keputusan , merundingkan, dan bernegosiasi. Tujuan bekerja dalam tim agar anggota memiliki visi dan misi yang sama dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara efisien dan efektif.


Sumber: http://m.kabar24.com
               http://fzhsafarina.blogspot.com
by: Pipit puspitasari
www.dapurkenanga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar